Konstruksi Standard Sumur Bor

Setelah pengeboran selesai dan ditentukan kedalaman dari sumber air yang baik, rencanakan screen di kedalaman tersebut.  Isolasi bagian casing lainnya agar air yang tidak baik ikut masuk ke screen. Diluar bagian screen bisa dimasukkan kerikil atau pecahan batu (grave pack). Ruangan dibawah atau diatas screen diluar casing bisa lapisi dengan semen. Hal ini bertujuan untuk mencegah air merembes ke tanah sekitar screen sumur. Akan dikhawatirkan jika air merembes ke bagian tanah sekitar screen sumur, maka akan terjadi kontaminasi di mana air sumur akan terkontaminasi oleh air resapan yang tidak baik, dan  kualitas air sumur akan menjadi kurang bersih. Kemudian pada bagian atas sumur bor, sebaiknya anda beri tutup agar kotoran dari luar tidak akan masuk ke dalam sumur. Jika kotoran masuk ke dalam sumur, maka air sumur akan menjadi kotor dan rusak sehingga tidak layak untuk dipakai.

Boleh anda beri kaporit yang berfungsi sebagai disinfektan .  Kaporit yang anda  masukan ke dalam sumur bor sebaiknya memiliki takaran yang pas yaitu sekitar 1 gr untuk 100 liter.

Teknologi saat ini sangat membantu kita untuk mengerjakan sesuatu agar lebih cepat dan praktis. Misalnya mesin pompa air, dengan menggunakan mesin pompa air ini, kita bisa mengambil air bersih dari sumur dengan praktis. Bahkan kini sudah banyak mesin pompa air otomatis yang mampu bekerja secara otomatis tanpa harus dikontrol oleh kita.

Lokasi sumur bor

Dalam memilih lokasi sumur bor, sebaiknya anda tidak memilih lokasi sumur bor yang dekat dengan tempat pembuangan / sepitank, wc/ toilet, dan kamar mandi. Hal ini sangat penting agar air sumur yang dihasilkan tidak terkontaminasi dengan air yang berasal dari pembuangan. Jarak ideal antara sumur bor dan tempat pembuangan, kamar mandi, dan WC/ Toilet adalah sekitar 5m  untuk jenis/ tekstur tanah liat. Sedangkan jika rumah anda berada di kawasan yang mempunyai jenis tanah berpasir, sebaiknya anda tempatkan  sumur bor anda sekitar 7,5 m dari tempat pembuangan, WC/ Toilet, dan kamar mandi.

Sumur bor saat ini menjadi pilihan terbaik sebagai sumber air yang baik digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.  karena sumur bor ini menggunakan air tanah yang masih alami, air sumur bor ini terjamin steril dari pencemaran zat-zat kimia apa pun. Meskipun masih mengandung sejumlah bakteri, namun bakteri-bakteri yang terdapat di dalam air sumur bor bisa dimatikan dengan cara dipanaskan dalam suhu 100 derajat celcius. Anda hanya merebus air sumur bor ini hingga mendidih, maka air rebusan tersebut boleh dikonsumsi tanpa harus mengkhawatirkan bacteria atau mikroorganisme lain yang terdapat pada air sumur.

 

Jasa Pembuatan Sumur Bor untuk Perumahan, Hotel maupun Industri

Didukung Tenaga Ahli Berpengalaman

Hubungi : 0274-9598111 / 081328198111

email : ahli.sumur@live.com

http://sumurbordalam.com

 

Mengatasi Masalah Air, Debit air kurang, Air tercemar, Pompa air dll

GARANSI!

Last 5 posts in Tips Sumur Bor

Pencarian Terakhir:

cara buat screen sumur bor (1)Ciri ciri tempat air yang paling dangkal pada sumur bor? (1)
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply