Pompa Air

my pump

Pemilihan Pompa Air

Penentuan untuk pompa air sangat ditentukan beberapa faktor, terutama sangat dipengaruhi oleh kedalaman air dari permukaan tanah sampai posisi pompa(suction head), dan discharge head yaitu posisi ketinggian air sampai tempat penampung (semisal water tank dsb).

Sehingga untuk pemilihan pompa yang tepat anda bisa melihat spesifikasi pompa yang tertera pada pompa, berapa debit airnya, daya pompanya, daya hisapnya, daya dorongnya dsb. Juga pemilihan pipa untuk pompa sangat berpengaruh terhadap kinerja pompa tersebut.

Untuk kebutuhan air rumah tangga, kita tentukan dulu kedalaman sumur kita, karena untuk pompa yang kecil biasanya suction headnya ≤ 9 m, walau semisal > 9 m, bisa dipasang pompa tersebut didalam sumur kalau memang sumur tersebut sumur gali. Dan pompa tersebut ditaruh di dalam sumur, pasti pompa tersebut cepat rusak dikarenakan kelembapan udaranya didalam sumur (apalagi kalau sumur tersebut tertutup). Disarankan letak pompa diatas sumur dan tidak lembab, sehingga pompa lebih awet.

Jika kedalaman sumur dibawah 9 m lebih sampai 30 m (untuk suction headnya) , gunakan pompa air jenis jet pump.

Dalam pemilihan casing jika sumur tersebut bukan sumur gali, gunakanlah casing ukuran 4” keatas, karena untuk jet pompa sebaiknya dipasang dekat foot klep yang diameternya memerlukan casing 4” keatas.

Untuk sumur dalam diperlukan pompa ESP (Electric Submersible Pump) atau pompa Submersible ada juga yang menyebut Reda pump.

Disamping faktor – faktor diatas juga dipengaruhi rugi – rugi daya yang disebabkan oleh belokan pipa, panjang pipa, dan diameter pipa.

Kami menyediakan beraneka merk pompa dan spesifikasinya, dengan harga yang bervariasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.